BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 18 November 2009

ZAT BESI PENYEMBUH KERONTOKAN

Adakah hubungan antara apa yang anda makan dengan pertumbuhan rambut? Bagi lelaki jawabannya tidak! Tapi buat wanita terutama yang mengalami kerontokan karena trauma fisik, diet ekstra, atau menstruasinya banyak, jawaban pertanyaan tersebut adalah ya.
Ketika wanita harus merelakan hilangnya zat besi karena beberap factor sebab tadi, ada hal penting yng perlu diperhatikan., tubuhnya benar-benar berhenti memproduksi rambut sampai mendapatkan lebih banyak lagi masukan zat besi. Dari 30 tahun pengalaman di dunia kedokteran, Wilma Bergfeld, M.D,. dermatologi dan direktur bagian dermatologi (ilmu tentang penyebab dan pengaruh dari penyakit kulit dan kelainnanya) dan riset Dermatologi Klinik Clevelend, Amerika, pada kebanyakan wanitayang menstruasinya teratur, anemia karena defisiensi zat besi sedikit atau jarang terjadi.
Wilma Bregfeld juga mengingatkan, wanita yang kehilangan berat badannya 20 lb, (9,07 kg) atau lebih dalam jangka waktu 3 bulan akan mengalami kerontokan rambut. Ia menyarankan bagi wanita yang sedang diet, jangan kehilangan berat badan lebih dari 1 lb (0,45 kg) perminggu. Kebutuhan zat besi manusia normal perharinya 18 mg. tapi memperoleh cukup zat besi hanyalah sebagian unsure saja, kata Alexander zemstov, M.D,. guru besr luar biasa biokimia dan biologi molukuler Sekolah Kedokteran Universitas Indiana, Indianapolis, Amerika serikat. Penyerapan zat besi dipercepat oleh vitamin C. Oleh sebab itu, Zemstov merekomendasikan untuk mengkonsumsi produk suplemen yang mengandung zat besi dan vitamin C, atau sayuran hijau dan buah-buahan.
Pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh beberapa zat seperti biotin, folat dan seng. Dr. Bergfeld menyatakan sngat sulit untuk mengatakan nutrisis mana yang yang paling penting. Yang jelas asupan terhadap nutrisi itu harus selalu diperhatikan. “Menjelang umur 40 atau 50 tahunan, kondisi kesehatan wanita seperti berkurangnya hormone wanitatidak eraturnya tiroid, serta diabetes juga menyumbang kerontokan,” tambah Bergfeld. Mengenai maraknya produk shampoo maupun kondisioner yang diperkaya dengan beberapa nutrisi, bergfeld menyatakan hal itu benar-benar tidak menolong. Produk-produk perawayan rambut tidak dapat membantu pertumbuhan rambut. Satu-satunya cara nutrisi tersebut mempengaruhi rambut jika hanya merek mencapai janggat rambut, tempat akar armbut berada. “TAruh apa saja di produk-produk perawatan rambut tersebut, tapi jika tidak bias menembus kulit kepala sampai sedalam0,5 cm atau lebih untuk mencapai folikil rambut dan hal itu tidak pernah bias/sia-sia saja.

0 komentar: