Pada awal proses pengembangan strategi, manajemen mendefinisikian misi perusahaan. Misi perusahaan menjelaskan sifat dasar dan scope bisnis serta merupakan petunjuk penting untuk mengelola perusahaan. STOP … petunjuk penting ? iya, itulah sebenarnya yang hendak digoreskan atau menjadi isi tulisan singkat ini plus faktor-faktor yang mempengaruhi misi. Dengan mendengar atau membaca rumusan misi sebuah perusahaan maka sesungguh dan setelitinya kita dapat mengetahui enam hal tentang perusahaan itu. Itu tentu berasumsi misi telah dirumuskan secara baik. Dan baiklah enam hal yang terkandung di dalam misi sebuah perusahaan tidak lain: alas an keberadaan perusahaan dan tanggung jawabnya terhadap stakeholders, produk dan pasar yang terlibat, spesialisasi setiap bidang produk maupun pasar, diversifikasi produk dan pasar keinginan manajemen, asa kinerja manajemen untuk perusahaan, serta hal lainnya berkenaan dengan strategi bisnis seperti teknologi yang hendak dipakai dan peranan litbang dalam perusahaan. Lantas selidik demi selidik ternyata misi pun memperoleh bantuan dari beberapa faktor dalam sifat dasar dan ruang lingkup yang dikandungnya. Faktor-faktor tersebut antara lain : manfaat yang akan diberikan kepada konsumen, teknologi yang akan digunakan untuk menampilkan fungsi konsumen tertentu, segmen konsumen yang dilayani, dan sistem distribusi. Singkatnya, misi sebuah perusahaan merupakan kunci kita sebagai pihak luar dapat memahami sebenarnya apa yang diinginkan oleh manajemen perusahaan tersebut dalam jangka waktu segera sebelum visi. Misi Visi Vici.
sumber : www.google.com
Tour & Motorcycle Online Bali
11 tahun yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar